Materi Kuliah

by

Pada halaman ini berisi materi kuliah dan tugas perkuliahan yang dikemas sedemikian rupa sehingga mempermudah mahasiswa untuk memperoleh materi dan tugas mata kuliah yang saya ampu dan bersama tim. Materi kuliah atau bahan ajar ini saya kemas dalam bentuk File PDF agar mudah dalam penggunaannya. Namun apabila kalian menginginkan File PPT, silahkan mengontak saya disini.

MEKANIKA KEKUATAN MATERIAL

Mekanika Kekuatan Material merupakan cabang dari Ilmu Mekanika yang merupakan salah satu mata kuliah wajib pada jurusan teknik yang berkaitan dengan dengan perencanaan sebuah konstruksi, baik konstruksi bangunan gedung, jembatan maupun komponen mesin.

Cara membuat atau membangun sebuah konstruksi tidaklah sekedar menggabungkan antar komponen yang satu dengan yang lain sehingga membentuk satu kesatuan yang kokoh dan siap untuk dipergunakan. Akan tetapi, diawali dengan perhitungan secara detail terkait konstruksi yang Anda bangun tersebut. Sehingga pada tahap selanjutnya (pembuatan konstruksi) sudah tidak ada lagi keraguan.

Pada era teknologi canggih seperti ini, banyak software mekanikal yang dapat dipergunakan untuk menyelesaikan permasalahan konstruksi, seperti Catia Elfini, SAP, dll. Akan tetapi, pengetahuan tentang ilmu yang mendasari dibidang ini perlu Anda kuasai agar dapat mempergunakan software mekanikal tersebut dengan optimal.

Sebagai contoh dalam proses pembuatan konstruksi jembatan, pertama kali perlu dipikirkan berapa kapasitas jembatan yang Anda rencanakan. Selain kendaraan yang melintasi jembatan, perlu dipikirkan juga beban luar yang lain, seperti beban angina jika perlu.

Selain beban, juga perlu Anda rencanakan jenis tumpuan dan lokasi mana saja yang perlu mendapatkan tumpuan.

Mata Kuliah Prasyarat

Agar penguasaan Anda dalam mata kuliah Mekanika Kekuatan Material ini dapat maksimal maka sebaiknya Anda sudah menguasai beberapa mata kuliah pendukung. Beberapa mata kuliah ini adalah: mata kuliah Fisika, Matematika dan Statika Struktur. Mata kuliah ini hanya terkait dengan mekanika benda kaku / rigid.

Pokok Bahasan

Mata kuliah Mekanika Kekuatan Material menitikberatkan pada berbagai permasalahan terkait dengan konstruksi. Sehingga pokok bahasan yang akan dikaji pada mata kuliah ini adalah: pembebanan axial, torsi, tekuk atau bending, beam, gaya geser, transformasi tegangan, tegangan utama, defleksi pada beam, dan kolom.

Materi Kuliah

Sebagai bekal diskusi Anda saat mengikuti perkuliahan di kampus, inilah beberapa file dalam bentuk PDF dapat Anda download:

    1. Konsep Tegangan
    2. Tegangan, Regangan dan Modulus Elastisitas
    3. Tegangan Geser Akibat Beban Puntir
    4. Tegangan Normal pada Balok Akibat Beban Lentur Murni

Referensi

    • Gere J.M, 2004, Mechanics of Materials, Tomson Learning, ISBN: 0-534-41793-0.
    • Hibbeler R.C, 2015, Mechanic of Materials, Pearson Education Ltd., London, ISBN 13: 978-0-13-431965-0.
    • Pytel A and Kuisalaas J, 2012, Mechanic of Materials (second Edition), Cengange Learning.

 

PESAWAT ANGKAT & ANGKUT

Mata kuliah ini mempelajari mesin-mesin berkapasitas berat dalam hal perencanaannya. Dikatakan mesin berat karena memiliki bentuk dan ukuran serta dipergunakan untuk keperluan mengangkat dan memindahkan beban berat.

Bidang pesawat pengangkat dan pengangkut memiliki cakupan aplikasi yang sangat luas, hampir mencakup di berbagai bidang. Pesawat pengangkat dan pengangkut banyak diterapkan pada pembuatan jembatan, bangunan bertingkat, Menara, dll. Selain itu juga banyak diaplikasikan pada kantor/apartemen, hotel, rumah tangga, industri/pabrik seperti untuk keperluan lift, crane, kait, dsb.

Prasyarat

Pokok bahasan dari mata kuliah ini meliputi desain dan analisis pesawat pengangkat dan pengangkut dengan berlandaskan pada kaidah Statika Struktur, Mekanika Kekuatan Material, Metalurgi Fisik, Metrologi Industri & Kontrol Kualitas. Desain dari pesawat pengangkat dan pengangkut menitik beratkan pada kekuatan bahan dan ke ekonomisan bahan.

Manfaat

Perencanaan/perhitungan komponen pesawat angkat dan angkut mungkin untuk saat ini belum banyak dimanfaatkan di negara kita karena mesin-mesin berat masih import dari negara lain. Akan tetapi bukan berarti seorang insinyur atau engineer tidak membutuhkannya.

Seorang engineer sangat membutuhkan ilmu mata kuliah Pesawat Angkat dan Angkut ini sebagai acuan dalam penggantian komponen alat berat jika mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, apabila Anda seorang engineer yang mendapatkan tugas dari kantor Anda untuk pengadaan alat berat yang baru pasti ilmu ini sangat membantu.

Tidak jarang di industri selalu mengadakan penambahan alat berat untuk menambah kapasitas produksi di industri.

Materi

Berikut ini adalah pokok-pokok materi kuliah sebagai bekal Anda dalam diskusi saat tatap muka perkuliahan.

  1. Perlengkapan Penanganan Bahan
  2. Komponen Perlengkapan Fleksibel (Material Handling Equipment)
  3. Perencanaan Tali Baja

Referensi

  • Rodenko, Pesawat Pengangkat dan Pengangkut/Material Handling Equipment, MIR Publ, 1960
  • Spivakovsky, Dyakochkov, Conveyors and Related Equipment, peace publ, 1965.
  • Zeisch, H.J., Fordentechnik Based 1 & 2,Vogel Verlag, ISBN 3-8023-00580.

 

METROLOGI INDUSTRI & KONTROL KUALITAS

Metrologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang pengukuran karakteristik geometri produk (komponen mesin) dengan menggunakan alat dan cara yang spesifik. Harapannya, diperoleh hasil pengukuran yang mendekati dengan geometri produk yang sesungguhnya.

Baik alat dan cara untuk menentukan ukuran karakteristik geometri produk sudah diatur menurut Standar ISO sehingga dapat dijadikan acuan oleh semua industri di dunia. Sehingga pihak industri dapat menentukan tingkat ketelitian produk yang dihasilkan/dibuat.

Untuk mengetahui dan mengontrol hasil produk yang dihasilkan di industri maka perlu adanya pengontrolan produk (kontrol kualitas). Dengan pengontrolan kualitas yang rutin akan diperoleh data yang dapat dijadikan acuan untuk mengetahui permasalahan yang mungkin terjadi dalam proses produksi.

Dengan membaca data kontrol kualitas Anda akan mendapatkan informasi yang banyak terkait dengan kualitas produk. Sehingga memungkinkan untuk meninjau ulang lingkungan tempat kerja, SDM operator dan kondisi mesin.

Sasaran

Teknik pengukuran dimensi, bentuk posisi dan toleransi komponen mesin, alat ukur, penyimpangan dan toleransi, kontrol kualitas dan cara pengukurannya, perkembangan peralatan dan cara pengukuran geometri

Tujuan

Mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan alat dan cara pengukuran karakteristik geometris suatu produk/komponen mesin serta mampu melaksanakan pengontrol kualitas produk.

Materi Kuliah

Berikut ini adalah sebagian dari beberapa materi kuliah yang akan didiskusikan di perkuliahan, yaitu:

  1. Pendahuluan
  2. Toleransi dan Suaian
  3. Toleransi Bentuk dan Posisi

Referensi

Rochim. Wirjomartono. Spesifikasi Geometris Metrologi Industri dan Kontrol Kualitas, Bandung: Jurusan Mesin ITB. 1985.