by

Cara Menghapus atau Mengurangi Artikel Ilmiah di Google Scholar

-Ilmiah-492 views

Salah satu keluhan pemilik akun Google Scholar adalah masuknya artikel ilmiah orang lain ke akun pribadi tanpa sepengetahuan pemilik akun. Kalau ini dibiarkan tentu akan mempengaruhi alur kepakaran Anda. Karena artikel ilmiah tambahan tersebut belum tentu sama dengan bidang kepakaran yang selama ini Anda tekuni.

Tindakan yang paling tepat adalah menghapus atau mengurangi artikel ilmiah yang bukan milik Anda sendiri. Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Pada posting ini akan dijelaskan langkah-lagkahnya secara detail.

Namun ada kalanya justru malahan artikel yang benar-benar milik Anda sendiri justru tidak masuk di Google Scholar. Apabila demikian, Anda dapat memasukkannya secara manual dengan mengikuti panduan cara memasukkan artikel ilmiah di Google Scholar di posting terdahulu.

PENYEBAB ARTIKEL MILIK ORANG LAIN MASUK

Belakangan ini banyak pemilik akun google scholar yang begitu membuka akunnya menjadi terkejut. Banyak artikel ilmiah milik orang lain yang masuk ke akunnya. Pemicunya biasanya karena ada kesamaan nama penulis di artikel ilmiah tersebut.

Kalau patokannya nama penulis tanpa dicocokkan dengan asal institusi, maka pemilik akun yang memiliki nama pasaran (banyak kesamaannya dengan orang lain) pasti memiliki peluang besar kemasukan artikel ilmiah milik orang lain.

DAMPAK KEMASUKAN ARTIKEL ILMIAH MILIK ORANG LAIN

Bertambahnya artikel ilmiah di Google Scholar, baik itu milik Anda sendiri ataupun orang lain pasti akan meningkatkan h-indeks. Tidak hanya h-indeks Google Scholar melainkan juga di Portal Sinta.

Namun cara meningkatkan h-indeks seperti itu bukanlah cara yang dianjurkan karena meningkatnya h-indeks bukan karena pengaruh artikel ilmiah milik Anda sendiri.

Apakah orang lain dapat membedakan, mana artikel ilmiah yang benar-benar milik Anda dan bukan. Bisa, dengan melihat institusi yang ada di artikel ilmiah.

Langkah paling tepat yang perlu Anda lakukan adalah mengurangi atau menghapus semua artikel yang bukan milik Anda tersebut.

CARA MENGHAPUS ARTIKEL DI GOOGLE SCHOLAR

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menghapus atau mengurangi artikel di Google Scholar adalah:

1. Buka situs Google Scholar

Apabila belum memiliki akun, Anda dapat mengikuti bagaimana cara mudah membuat akun Google Scholar terlebih dahulu.

2. Login

Gunakan email dan password yang Anda pergunakan sewaktu mendaftar di Google Scholar.
3. Klik My Profile atau Gambar Toga

Tombol ini berada di bagian atas kiri layar dekat tombol garis bersusun tiga.
4. Kasih centrang pada artikel ilmiah yang bukan milik Anda
5. Akhiri dengan mengklik tombol DELETE yang berada diatas artikel

Hapus artikel google scholar
Cara Menghapus Artikel Ilmiah di Google Scholar

TIPS BAGI PENULIS

Supaya artikel yang ada di Google Scholar adalah benar-benar milik Anda sendiri, sering-seringlah untuk mengecek akun. Apabila ada artikel yang masuk dan bukan milik Anda, segeralah untuk menghapusnya tanpa harus menunggu hingga artikel menumpuk. Apabila sampai menumpuk, Anda akan semakin direpotkan untuk membersihkannya. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.