Home / Travelling

Thursday, 4 October 2018 - 21:52 WIB

Nasi Pager : Kuliner Unik Pagi Hari Khas Godong Purwodadi

Sego pager merupakan salah satu makanan khas dari Kecamatan Godong Kab. Grobogan yang tidak hanya digemari oleh masyarakat setempat namun juga para pecinta kuliner dari luar daerah.

MENGENAL SEGO PAGER
Sepintas memang mirip dengan nasi pecelĀ  namun sebenarnya sego pager adalah gabungan antara nasi pecel dan gudangan. Sayur yang dipergunakan sebagai pemupuk nasi biasanya adalah daun pepaya, daun ketela, kacang panjang, kecambah (taoge), kenikir, daun lamtoro yang masih muda dan lamtoronya itu sendiri. Kesemua bahan sayur mayur itu direbus dan dicacah kecil-kecil, lalu ditaburi sambal kelapa dan serundeng. Setelah itu disiram dengan sambel pecel.

Makanan khas sego pager ini semakin nikmat Anda santap dengan berbagai macam jenis gorengan yang sudah disediakan sebagai lauk pauknya, seperti bakwan, tempe mendoan, tahu bacem/goreng dan tahu isi.

CARA PENYAJIAN YANG KHAS
Selain rasa makanannya yang khas, sego pager ini disajikan dengan cara yang khas juga yaitu dengan menggunakan daun pisang yang dipincuk tanpa menggunakan piring sebagai alasnya.

Pincuk Daun Pisang

Keunikan yang lain adalah terdapat beberapa gelas teh hangat yang terpajang diatas meja saji. Teh ini memang disediakan untuk para penjaja makanan. Jadi Anda tidak usah sungkan-sungkan untuk mengambilnya sendiri ya jika membutuhkan. Jangan khawatir, bagi Anda yang suka es bisa request sendiri ya..

Baca Juga |   Inilah 5 Masjid Unik di Rest Area Tol Trans Jawa

ISTILAH SEGO PAGER
Dikatakan sego pager karena sayur mayur yang dipergunakan adalah tanaman yang dijadikan pagar rumah atau pekarangan oleh masyarakat setempat pada waktu dulu.

LOKASI DAN WAKTU
Anda dapat menemukan makanan khas sego pager ini hampir di seluruh wilayah godong, namun kebanyakan para penjual banyak bereret-deret disepanjang jalan Godong – Karangrayung. Perlu Anda catat bahwa warung sego pager ini hanya buka di waktu pagi saja, kira-kira mulai jam 05.30 hingga 09.30.

JENIS MAKANAN LAIN YANG ADA DI WARUNG SEGO PAGER
Selain menyediakan sego pager, jenis menu lain yang disediakan di Warung Sego Pager Godong Grobogan adalah bubur sumsum dan sayur lodeh. Biasanya untuk anak-anak yang belum menyukai makanan pedas lebih memilih bubur sumsun manis ini.

Penyajian yang Khas

HARGA
Dapat dikatakan bahwa sego pager adalah makanan yang sudah melekat di hati masyarakat dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan mengantongi uang Rp 7000,- saja, Anda dapat menikmati sarapan pagi dengan cita rasa yang khas.

Baca Juga |   Pengalaman Belajar Bahasa Di Kampung Inggris Pare Kediri

TIPS BAGI PEMBELI
Yang paling utama harus Anda perhatikan adalah waktu jam bukanya. Warung sego pager hanya buka di pagi hari senagai penyedia sarapan pagi. Setibanya di warung, silahkan Anda mengambil tempat duduk yang disediakan. Sambil menunggu pesanan, Anda dapat menyerutup teh panas yang sudah tersedia di meja saji.**

Share :

Baca Juga

Travelling

Temukan Hewan Purba dari Jerami di Festival Jerami Grobogan

Travelling

Yuk Nikmati Wisata Air Pemandian Umbul Pluneng Klaten
Masjid rest area

Travelling

Inilah 5 Masjid Unik di Rest Area Tol Trans Jawa

Travelling

Pantai Teluk Awur Jepara Sebagai Alternatif Tempat Liburan Murah Sekeluarga
Wisata desa cingkrong grobogan

Travelling

Cingkrong, Desa Wisata Grobogan dengan Konsep Fun and Education

Travelling

Pantai Parangtritis Jogja: Pesona yang Berbalut Mitos dan Misteri
Daftar rest area

Travelling

Lokasi Rest Area dan SPBU Tol Trans Jawa, Lengkap

Travelling

Tak Perlu Antri Sampai Berjam-jam, Ini Alternatif Tempat Pembelian Tiket Kereta Api Selain di Stasiun