by

ProGuide: Alat Bantu Pembuat Proposal Pengabmas di Simlitabmas yang Wajib Anda Miliki

ProGuide atau Proposal Guide merupakan sebuah alat bantu untuk mempermudah pengusulan proposal ke Simlitabmas Ristekdikti. Terdapat dua jenis ProGuide yaitu ProGuide untuk Pengabmas dan ProGuide untuk Penelitian. Kedua alat bantu ini sangat mudah Anda pergunakan karena berbasis MS Office.

Peralihan pembuatan proposal pengabdian masyarakat dari bentuk hard file ke soft file secara online kadang merepotkan bagi sebagian orang. Apalagi kalau sistem online itu biasanya memiliki durasi waktu tertentu . Jika sampai batas waktu yang disediakan Anda belum selesai memasukkan data, maka apa yang sudah Anda ketikkan di sistem tidak akan tersimpan. Akibatnya Anda harus mengulanginya lagi dari awal.

Pada umumnya, terlebih dahulu Anda buat draft proposal dengan menggunakan MS Word, lalu Anda copy / paste ke sistem Simlitabmas. Hal ini memiliki banyak kelemahan, jika draft Anda memiliki jumlah kata yang melebihi ketentuan, mau tidak mau Anda harus menguranginya supaya pas. Untuk mengurangi jumlahnya pasti Anda tidak sekedar memangkasnya, bukan. Perlu waktu untuk mengedit lagi. Namun jika Anda menulisnya terlalu sedikit tentu apa yang Anda paparkan pasti kurang detail.

Berawal dari situlah, ProGiude ini dibuat. ProGuide merupakan sebuah form isian yang dibuat dalam bentuk MS Office yang mudah Anda pergunakan walaupun tidak mengenal bahasa komputer sekalipun.

KEUNGGULAN

Kemudahan menggunakan ‘ProGiude’ dalam membuat proposal di Simlitabmas adalah:

  1. Tidak perlu menghitung-hitung lagi jumlah kata yang Anda tuliskan
  2. Dibuat dengan menggunakan MS Office, sehingga siapa saja dapat menggunakannya
  3. Mudah penggunaannya, yaitu tinggal copy / paste
  4. Pengeditan proposal menjadi lebih mudah

JENIS PROGUIDE

Terdapat dua jenis ProGiude yaitu ProGiude berbasis MS Excel dan ProGiude berbasis MS Word. Perbedaannya, kalau ProGiude berbasis MS Excel secara otomatis jumlah kata dapat langsung terlihat. Sedangkan kalau berbasis MS Word, Anda perlu menyelek terlebih dahulu semua kata yang akan Anda hitung.

KOMPONEN PENTING

Beberapa komponen penting dari ‘ProGiude’ adalah:

  1. Ringkasan

Jumlah kata yang dijinkan pada bab ini adalah maksimal 500 kata yang diketik 1 spasi. Beberapa hal yang dapat Anda tuliskan pada bab ini secara cermat dan singkat adalah permasalahan, solusi & target luaran, dan rencana kegiatan yang akan Anda lakukan di mitra.

  1. Pendahuluan

Pada bab ini jumlah kata yang diijinkan adalah maksimal 2000 kata yang berisikan Analisa situasi dan permasalahan mita.

  1. Solusi & Permasalahan

Bab ini hanya diperbolehkan untuk menuliskan uraian semua solusi yang Anda tawarkan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra secara sistematis. Jumlah maksimal kata yang diperbolehkan adalah 1500 kata.

  1. Metode Pelaksanaan

Sebuah metode yang akan Anda tawarkan ke mitra untuk mengatasi permasalahan mitra ini Anda hanya diijinkan untuk menulisnya dalam jumlah maksimal 2000 kata. Pada bab ini juga diharapkan Anda menjelaskan tentang kepakaran dan tugas masing-masing anggota tim pelaksana.

  1. Luaran & Target Capaian

Di sini Anda diberikan kesempatan untuk mengisi luaran wajib dan tambahan, tahun capaian, dan status pencapaian. Untuk luaran publikasi diwajibkan mencantumkan ‘Nama Jurnal’ yang akan Anda tuju. Sedangkan luaran berupa buku wajib mencantumkan ‘Nama Calon Penerbit’.

  1. Anggaran

Anggaran dapat Anda susun secara rinci sesuai format yang langsung diisikan melalui Simlitabmas. Saya sarankan untuk menggunakan MS.Exel, selain mudah juga agar valit dalam penghitungannya.

  1. Jadwal

Buatlah jadwal pengabdian ini sesuai isian pada pengusulan di Simlitabmas

  1. Daftar Pustaka

Daftar pustaka disusun dan ditulis berdasarkan sistem nomor sesuai urutan pengutipan. Ingat, hanya pustaka yang disitasi saja yang dicantumkan ya.

  1. Persetujuan / Pernyataan Mitra

Surat pernyataan ini dibuat dengan format bebas yang telah disyahkan oleh mitra dengan tanda tangan pimpinan mitra dan cap diatas materai Rp. 6000,- dalam bentuk File PDF berukuran tidak lebih dari 1 MB.

  1. Gambaran Iptek

Menjelaskan gambaran Iptek yang akan Anda laksanakan di mitra ini dapat Anda tuliskan kurang dari 500 kata saja.

  1. Peta lokasi

Hal yang perlu Anda perhatikan pada peta lokasi mitra ini adalah harus dapat penjelasan jarak mitra dengan perguruan tinggi pengusul.

Itulah beberapa poin penting dalam pengusulan program pengabdian masyarakat Kemenristekdikti yang dapat Anda akses melalui portal Simlitabmas.

CARA PENGGUNAAN

Cara menggunakan‘ProGiude’ adalah:

  1. Ketikkan pada kolom yang bertuliskan ‘TULISKAN DI SINI’ pada kolom yang sudah disediakan
  2. Untuk mengetahui jumlah kata, Anda dapat menyorot semua kata dan lihat di bagian paling bawah layar komputer Anda sebelah kiri. Anda akan melihat jumlah kata yang sudah Anda sorot tadi.
  3. Setelah Anda rasa cukup mengisi ‘Form Isian Usulan Pengabdian Masyarakat di Simlitabmas’ ini barulah Anda melakukan pengisian di sistem Simlitabmas dengan cara copy / paste.

DOWNLOAD FILE

Silahkan pilih sendiri untuk Anda download File ProGiude yang paling tepat bagi Anda:

  1. ProGiude Pengabmas Berbasis MS Excel
  2. ProGiude Pengabmas Berbasis MS Word

Semoga dengan bantuan ProGiude ini pengajuan proposal pengabmas Anda dapat terencana dengan baik.***

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 comment

News Feed