by

Tips Memilih Tenda Lipat Sesuai Budget

-Life-50 Views

Tenda lipat yang di jual di pasaran cukup banyak ragamnya. Setiap produsen memiliki kekhasan tersendiri mulai dari ukuran, kegunaan, material atau bahan yang digunakan dan model yang ditawarkan. Nah, untuk itulah mengapa  artikel ini dibuat, agar menjadi panduan bagi Anda yang akan membeli tenda lipat.

Baca artikel ini sampai selesai sebelum memutuskan untuk membeli tenda lipat. Ada beberapa hal penting yang wajib Anda ketahui sebelum membeli tenda lipat.

TENDA LIPAT SERBA GUNA

Pada umumnya tenda lipat digunakan sebagai tempat parkir kendaraan untuk melindungi air hujan dan sinar matahari, stand pameran atau bazar, acara pernikahan, kafe dan gazebo. Akan tetapi dengan semakin maraknya pengusaha baru, tenda lipat menjadi alternatif pilihan untuk mengembangkan usaha.

Selain mudah dan praktis, menggunakan tenda lipat juga bisa mengurangi budget untuk biaya sewa ruko sebagai tempat jualan. Lebih dari itu, jika ingin membuka cabang baru juga semakin mudah.

UKURAN TENDA LIPAT

Ukuran tenda lipat yang di jual di pasaran sangat variatif, mulai dari ukuran kecil, menengah dan besar. Beberapa ukuran tenda lipat yang ada di pasaran adalah: tenda lipat 2×2 meter, tenda lipat 2×3 meter, tenda lipat 3×3 meter, tenda lipat 3×6 meter, tenda lipat 4×4 meter, tenda lipat 4×6 meter, tenda lipat 5×5 meter, tenda lipat 5×7 meter dan lain sebagainya.

HARGA TENDA LIPAT

Harga tenda lipat yang di pasaran kok bermacam-macam? Ada yang memiliki selisih yang jauh berbeda dengan harga standar. Untuk mengetahui harga standar dari tenda lipat ini Anda perlu mengetahui spesifikasi tenda lipat tersebut.

Dengan mengetahui spesifikasi, Anda akan mendapatkan gambaran seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membuat sebuah tenda lipat.

Jelas sekarang, mengapa setiap industri pembuat tenda lipat mematok harga yang berlainan. Jadi, jika Anda berniat mau beli tenda lipat, perhatikanlah terlebih dahulu spesifikasi tenda lipat tersebut.

SPESIFIKASI TEKNIS TENDA LIPAT

Spek atau spesifikasi teknis tenda lipat terdiri dari beberapa hal yang berhubungan dengan proses membuat tenda lipat, yaitu:

1. Ukuran Tenda Lipat

Ukuran tenda lipat yang perlu Anda ketahui adalah panjang bentangan rangka tenda, lebar bentangan dan tinggi bentangan.

Paling tidak 3 ukuran tersebut Anda cermati. Sedangkan ukuran yang lain misalnya ukuran terpal atau payung tenda – yang meliputi panjang bentangan dan lebar bentangan, dan lain sebagainya.

2. Material Rangka Tenda Lipat

Selain ukuran tenda lipat, yang mempengaruhi harga tenda lipat adalah jenis bahan pembuat rangka tenda. Bahan rangka tenda lipat pada umumnya adalah galvanis, besi, stainless steel, aluminium dan komposit.

3. Bahan Payung Tenda Lipat

Pada dasarnya tenda lipat terdiri dari 2 bahan yaitu bahan logam untuk membuat rangka tenda dan bahan non logam untuk membuat payung tenda. Payung tenda lipat biasanya terbuat dari bahan polyester, filamen, tarpaulin, dan lain sebagainya.

4. Desain Tenda Lipat

Tenda lipat ada yang didesain secara minimalis. Namun ada juga yang diberikan tambahan assesoris untuk mempercantik tenda. Misalnya dengan penamabahan jendela, rak, gantungan lampu, dan logo serta slogan usaha Anda.

Semakin banyak tembahan assesoris maka harga tenda lipat juga semakin mahal.

TIPS MEMILIH TENDA LIPAT

Tak selamanya harga yang murah selalu menguntungkan kalau tidak didukung dengan kualitas yang baik. Mengejar kualitas saja juga tidak cukup jika tidak didukung dengan budget yang mumpuni. Apalagi jika tenda lipat yang Anda beli atau sewa untuk bisnis atau jualan.

Tips memilih tenda lipat baik dengan sewa maupun beli perlu Anda perhatikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pilih Ukuran Tenda Sesuai Kebutuhan

Ukuran tenda lipat yang baik adalah yang mampu menampung kebutuhan. Tidak terlalu sempit namun juga tidak terlalu longgar.

Jika tenda lipat Anda gunakan untuk bisnis jualan makanan dan minuman, tenda kafe bisa menjadi pilihan yang pas. Anda bisa menggunakan tenda lipat ukuran 2×2 meter atau tenda lipat ukuran 2×3 meter. Kalau untuk event bazar Anda bisa menggunakan ukuran yang lebih besar misalnya tenda lipat ukuran 5×5 meter.

2. Pilih Material Rangka Tenda Sesuai dengan Lokasi

Rangka tenda lipat yang terbuat dari bahan aluminium dan galvanis cocok untuk daerah dengan curah hujan tinggi dan lembab. Karena sifatnya yang bisa menyelimuti diri sendiri dari korosi. Apabila Anda paksakan menggunakan rangka dari bahan besi yang harganya relatif murah tentu rangka tenda akan cepat rusak karena tergerus korosi.

Bahan rangka tenda dari besi bisa Anda gunakan jika berada di lokasi di daerah kering dengan kelembaban udara yang rendah.

Kadang para pengguna tenda lipat kurang memperhatikan hal tersebut. Mereka hanya berpatokan pada harga yang murah tanpa memperhatikan material yang digunakan. Pinginnya menghemat biaya operasional tapi sebenarnya justru pemborosan dalam menggunakan biaya operasional.

3. Pilih Desain Tenda yang Simpel

Guna menghemat biaya operasional, pilihlah tenda dengan bentuk yang simpel. Apabila Anda menginginkan rak tambahan untuk menaruh barang jualan bisa membawa tempat sendiri.

4. Pilih Toko Penjual Tenda yang Terpercaya

Penjual tenda lipat telah menyebar di seluruh penjuru tanah air, terlebih di Solo dan Yogyakarta. Buktinya, Ketika di cari di search engine terkait dengan tenda lipat maka yang muncul adalah keyword tenda lipat jogja, tenda lipat solo, tenda lipat Surakarta, tenda lipat kaki lima dan sewa tenda lipat solo.

Kalau beli di marketplace secara online, Anda bisa melihat komentar atau testimoni dari pembeli untuk mengetahui track record penjual tenda lipat.

5. Riset Pasar

Untuk mendapatkan tenda lipat yang cocok, Anda bisa melakukan riset pasar terlebih dahulu. Anda bisa mencermati portofolio penjual tenda lipat di internet atau bertanya pada teman yang pernah menggunakan tenda lipat sesuai yang Anda dambakan.

6. Konsultasi dengan Produsen Tenda

Langkah terakhir, lakukan konsultasi dengan penjual tenda sebelum melakukan pemesanan. Hal ini berguna untuk memastikan apakah penjual tenda tersebut benar-benar bisa mengerjakan pesanan Anda atau tidak. Terlebih kalau Anda menginginkan pesanan secara custom.

REKOMENDASI TEMPAT MEMBELI TENDA LIPAT

Salah satu rekomendasi toko penjual tenda lipat adalah LOHJINAWI TENDA LIPAT SOLO. Selain menjual tenda lipat dengan berbagai ukuran dan model, LOHJINAWI TENDA LIPAT SOLO juga melayani sewa tenda lipat. Anda bisa memanfaatkan No. HP 085876157254 untuk respon cepat untuk membeli atau sewa tenda lipat.  

PENUTUP

Bagi Anda yang ingin membeli tenda lipat ada baiknya Anda pertimbangan secara masak-masak beberapa hal tersebut di atas. Apabila kebutuhan tenda lipat hanya pada waktu tertentu saja ada baiknya Anda pertimbangkan untuk menyewa saja. Selain menghemat biaya juga tidak perlu memikirkan biaya perawatannya.*)