by

Tipe Apartemen dan Dekorasi Apartemen Studio

Memenuhi kebutuhan hidup di perkotaan yang dinamis, membuat para pengembang properti berlomba-lomba untuk membangun apartemen. Pembangunan apartemen atau hunian vertikal menjadi solusi atas luas lahan ibukota yang semakin sempit, sebagai opsi hunian untuk ditempati.

Penghuni yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya, cenderung menyewa apartemen sebagai tempat huniannya. Meskipun ongkos sewa apatemen Jakarta jauh lebih mahal, namun tidak menutup hasrat bagi pekerja yang pada awalnya tinggal di daerah suburban, kini banyak yang beralih ke apartemen. Alasannya jelas, demi hemat biaya transportasi.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk menjadi penghuni sewa apartemen harus menerima risiko tertentu. Misalnya ukuran apartemen hanya seluas studio, tidak ada halaman, tidak bisa bercocok tanam, dan sebagainya. Bila ada apartemen dengan satu atau dua kamar, menjadi lain soal dan mungkin biaya sewanya lebih tinggi.

TIPE APARTEMEN

Bagi Anda yang bermaksud menyewa apartemen, ada baiknya mengetahui tipenya terlebih dahulu. Menurut ukurannya, apartemen terdiri dari tipe loft, studio, alcove dan convertible.

a. Apartemen Tipe Loft

Apartemen pilihan
Pic. Perthnow.com.au

Apartemen tipe loft identik dengan loteng atau mezzanine yang berfungsi sebagai ruang tambahan seperti ruang tidur atau ruang penyimpanan. Apartemen loft biasanya memiliki ukuran langit-langit yang lebih tinggi dari pada tipe yang lain. Sehingga, sirkulasi udara cenderung lancar, pencahayaannya cukup, dan desain interior yang fleksibel.

Bagi Anda yang suka ruang terbuka nan luas, apartemen loft inilah yang direkomendasikan. Namun bukan berarti apartemen loft tidak memiliki kekurangan, seperti risiko polusi suara lebih tinggi karena ketinggian dari plafon. Kebutuhan memenuhi perabot juga lebih mahal, terkadang tidak semua tersedia di toko furnitur. Karena bergantung pada mezzanine, maka ruang penyimpanan terbatas.

b. Apartemen Tipe Studio

Apartemen Type Studio
Pic.Perthnow.com.au

Pada umumnya apartemen tipe studio ini paling banyak peminatnya. Di situs properti, sewa apartemen studio menduduki peringkat tertinggi dalam pencarian. Harga yang terjangkau juga menjadi primadona. Di Jakarta, sewa apartemen Jakarta menjadi incaran calon penghuni.

Apartemen tipe studio terdiri dari satu ruangan besar tanpa sekat kamar, kecuali toilet. Satu ruangan besar berfungsi sebagai ruang makan, ruang tidur, dan ruang tamu. Fasilitas dapur hanya dipisah dengan lemari atau meja bar.

Kelebihannya, apartemen ini mudah dirawat, ditata, dan dibersihkan. Namun tak jarang bila penghuni merasa apartemen studio lebih sempit dan membosankan. Hal lainnya adalah sulit menerima tamu karena privasi dan sulit memelihara hewan.

Bagi Anda yang berjiwa kreatif, menata dan mendesain interior apartemen studio adalah tantangan tersendiri.

c. Apartemen Tipe Alcove

Studio Apartemen Alcove
Pic. Perthnow.com.au

Ruang sewa apartemen tipe alcove berukuran lebih lapang dibanding studio. Perbedaannya adalah, bentuk ruang apartemen seperti huruf L. Karenanya, ruangan otomatis terpisah menjadi dua sekat, yakni ruang kamar tidur dan ruang lainnya.

Tak jarang, apartemen tipe alcove sering disebut apartemen half room. Opsi tata ruang pun lebih variatif, meski harus merogoh biaya ekstra untuk mendekorasinya.

d. Apartemen Tipe Convertible

Apartemen Comvertable
Pic. Perthnow.com.au

Apartemen tipe convertible berukuran jauh lebih besar dibanding tipe sebelumnya. Bahkan apartemen ini memiliki satu kamar tidur dan sekat pemisah untuk ruangan lain.

Keuntungan memiliki apartemen tipe convertible, Anda dapat memanfaatkan bagian atas dinding pemisah sebagai ruang penyimpanan. Kekurangannya, dengan banyak pembagian ruang, maka potensi kebisingan juga lebih tinggi.

DEKORASI APARTEMEN

Setelah mengenal tipe ukuran apartemen, saatnya untuk menentukan dekorasi yang cocok untuk apartemen studio. Mengapa apartemen studio? Karena tipe apartemen ini lazim ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Ada pun untuk sewa apartemen Jakarta juga lebih praktis dicari di situs properti.

Dekorasi apartemen studio lebih variatif dan kaya referensi. Sebenarnya tergantung dari kebutuhan penghuni. Agar Anda tidak bingung, inilah dekorasi yang cocok untuk apartemen studio.

Apartemen Versailles – Catseye Bay

Apartemen Versailles Catseye Bay
Pic. Static-dezeen.com

Apartemen Versailles terletak di Sydney, Australia. Apartemen tipe studio seluas 36 meter persegi terdiri dari satu kamar tidur, satu kamar mandi, dapur, ruang makan, dan ruang keluarga.

Ketika sebelum didekor ulang oleh firma desain Catseye Bay, apartemen ini hanya terdiri dari kamar tidur, kamar mandi, dan dapur saja. Bagaimana caranya?

Tim desain Catseye Bay merancang sebuah lemari pakaian dari kayu yang berfungsi sebagai dinding, rak buku, dan lemari pakaian. Sedangkan untuk kamar tidur, mereka memisahkannya dengan sekat kayu berupa lemari tersebut. Sehingga tersedia satu ruang keluarga.

Apartemen ini tampak lebih luas berkat dinding putih dan jendela di beberapa bagian. Pencahayaan intens membuat ruangan ini tampak lebih cerah.

Apartemen Studio Li – Anne Roland

Apartemen Studio Li Anne Roland
Pic. Static-dezeen.com

Apartemen Studio Li terletak di kota Paris, Perancis dan dibangun sejak abad ke-17. Arsitek Anne Roland pun hadir dan merenovasi apartemen tua tersebut.

Apartemen tersebut direnovasi menjadi ukuran studio dengan kamar tidur dan ruangan utama yang dipisah lemari kayu. Lemari kayu tersebut memiliki dua sisi yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan.

Selain itu, dinding dicat putih agar ruangan tampak lebih apik. Untuk memperindah dekorasi ruang apartemen, lantai keramik bermotif pun diaplikasikan.

Apartemen di Taipei – A Little Design

Apartemen di Taipei A Little Design
Pic. Static-dezeen.com

Tim desain interior A Little Design, merancang dekorasi interior apartemen seluas 22 meter persegi di Taiwan. Apartemen ini mulanya memiliki kamar tidur yang terletak di balkon bagian atas, dapur, ruang mesin cuci, dan ruang bersantai.

Mereka memaksimalkan ruangan dengan membuat lemari setinggi lantai dan langit-langit. Gunanya agar tercipta mezzanine dan bisa dimanfaatkan sebagai ruang penyimpanan pakaian, buku yang bisa diakses melalui tangga kecil.

Apartemen Air B’ N P – Position Collective

Apartemen Air B’ N P Position Collective
Pic. Static-dezeen.com

Apartemen ini memiliki luas 30 meter persegi dengan kamar mandi dan kamar tidur. Tim desain Position Collective pun mendekorasi ruang studio dengan memasang pegboard di dinding. Pegboard tersebut dipasang bersama papan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Selain pegboard, ada juga tiang besi gantung sebagai gantungan pakaian. Keunikan dari apartemen studio ini adalah memiliki teras yang mungil untuk bersantai-santai dengan keluarga Anda.

Demikianlah tipe apartemen dan dekorasinya yang dapat Anda jadikan rujukan dalam memilih apartemen yang tepat untuk Anda sekeluarga. Semoga bermanfaat.**

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.