Tips Cara Aman Belanja Online di Internet

By On Saturday, November 11th, 2017 Categories : Life
Advertisement
advertisement

Kehadiran teknologi informasi telah mengubah pola hidup kita menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama dalam hal memenuhi kebutuhan barang sehari-hari Anda. Sekarang ini, untuk mendapatkan barang idaman Anda, tidak harus datang langsung ke pasar atau departemen store dengan waktu yang cukup lama. Hanya dengan meng-klik mouse atau menyentuh smartphone, maka barang yang Anda inginkan sudah ada di depan mata.

Membeli barang lewat internet memang sangat mudah, hemat waktu, banyak pilihan dan menyenangkan. Namun Anda harus berhati-hati karena bagaimanapun juga selalu ada oknum-oknum yang sengaja mencari kelemahan dan kelengahan orang lain. Oknum inilah yang akan memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi.

Jadi, Anda harus tetap waspada terhadap copet selayaknya di dunia nyata. Jika Anda tidak berhati-hati, maka yang Anda peroleh bukannya barang pilihan Anda melainkan Anda menjadi donatur yang sia-sia.

Namun Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips bagaimana cara berbelanja secara aman dan menyenangkan di toko online via internet. Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum berbelanja di toko online tersebut, yaitu:

  1. Cermati Alamat Website Toko

Sebelum melangkah lebih jauh, langkah pertama adalah meneliti alamat website atau laman situs toko yang Anda tuju. Dengan mengamati alamat situs, Anda dapat mengetahui apakah situs itu sudah dijamin keamanannya atau tidak.

Untuk memastikan apakan laman situs itu aman atau tidak, Anda dapat memastikan terdapatnya ikon gembok yang terdapat di pojok kanan atas URL bar.

Selain itu, Anda dapat juga mengamati URL-nya. Laman situs yang sudah dijamain keamanannya biasanya ada tambahan ā€œsā€ pada alamat URL. Sebuah laman yang aman biasanya diawali dengan https:// (Hiper Text Transfer Protocol Secure). Sementara laman situs yang belum dijamin keamanannya biasanya menggunakan http:// (Hiper Text Transfer Protocol).

  1. Profil Toko

Profil toko yang perlu Anda ketahui adalah ada tidaknya alamat lokasi toko secara nyata. Selain itu adakah nomor kontak yang dapat dihubungi. Tanyakan pada pemilik toko bagaimana cara return barang dan komplain jika barang tidak Anda terima dengan cara Call atau SMS/WA.

Menanyakan sesuatu melalui SMS atau WA ini dapat juga untuk memastikan apakah laman toko masih beroperasi atau tidak. Jangan sampai Anda melakukan pembayaran sebelum mengetahui kondisi toko dengan yakin. Coba bayangkan bagaimana jika toko yang yang Anda tuju itu ternyata sudah tidak beroperasi atau tutup.

  1. Waspada dalam Bertransaksi

Berikan informasi tentang diri Anda sebatas keperluan yang dibutuhkan dalam transaksi. Jangan sampai Anda memberikan informasi yang tidak perlu, misalnya pihak toko menanyakan nama ibu kandung, nama akun dan password email.

Jika pihak toko masih terus memburu dengan pertanyaan-pertanyaan yang menyudutkan Anda, lebih baik Anda berpindah ke toko yang lain saja.

  1. Bedakan Password Akun Login Berbeda dengan Password Email

Sebelum melakukan transaksi belanja biasanya Anda diminta untuk registrasi terlebih dahulu agar bisa login. Cara registrasi biasanya dengan memasukkan email dan no HP yang dapat dihubungi. Perlu Anda ingat bahwa untuk membuat akun registrasi jangan sampai passowrd yang Anda buat itu sama dengan password untuk email Anda.

Jika Anda buat sama, maka itu sama halnya Anda menyerahkan email Anda untuk dibuka oleh pihak lain. Jika pemilik toko ini baik se nggak ada masalah, namun jika hal ini dimanfaatkan oleh pemilik toko yang tidak benar maka akan menjadi masalah besar bagi Anda.

  1. Simpan Password dengan Baik

Setiap akan melakukan pembelian biasanya Anda diminta untuk login terlebih dahulu dengan memasukkan user name dan password yang sudah Anda daftarkan. User name dan password ini jangan sampai diketahui oleh orang lain karena dapat disalahgunakan tanpa sepengetahuan Anda.

  1. Metode Pembayaran

Pada umumnya metode pembayaran secara online adalah dengan cara transfer uang melalui bank atau ATM, kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik (paypal atau payza). Lebih baik Anda tidak menggunakan kartu debit untuk transaksi ini karena kartu debit itu khan berhubungan langsung dengan uang Anda sendiri. Sedangkan kartu kredit itu sama halnya dengan Anda indent atau kredit terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakan uang Anda.

  1. Simpan Bukti Transfer

Setelah melakukan transfer sejumlah uang yang diminta, jangan sampai bukti transfer ini Anda buang begitu saja ketika selesai melakukan transfer di ATM. Fotolah bukti transfer tersebut, biasanya tulisan di bukti transfer dari ATM akan luntur (hilang) setelah beberapa minggu dibiarkan.

Jika dianggap perlu, bukti transfer tersebut dapat Anda kirimkan ke pemilik toko sebagai bentuk konfrmasi kalau Anda sudah melakukan transfer sejumlah uang yang diminta.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan agar aman dalam melakukan pembelian barang secara online di internet. Sebelum memutuskan untuk membayar sejumlah uang, alangkah baiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu kewajaran harganya.

Sama halnya dengan di toko-toko offline, Anda perlu membandingkan antara toko yang satu dengan toko yang lain agar Anda mendapatkan harga yang cocok. Dengan browshing, Anda dapat memilih barang dan harga yang pas di berberapa toko dalam waktu yang singkat.*

Advertisement
advertisement
Tips Cara Aman Belanja Online di Internet | Amin | 4.5
Leave a Reply