Tips Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan yang Tepat

By On Thursday, August 3rd, 2017 Categories : Edukasi

Sebelum Anda putuskan untuk kuliah di sebuah sebuah Perguruan Tinggi (PT), alangkah baiknya Anda pikirkan terlebih dahulu secara masak-masak agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sering kita jumpai ada beberapa mahasiswa yang tidak lulus-lulus dalam kuliah, atau bahkan sampai drop-out karena ada ketidak cocokan dengan PT yang mereka pilih. Bahkan ada juga yang setelah lulus kuliah malahan sulit untuk mendapatkan sebuah pekerjaan.

Penyebab masalah ini adalah ketidak sesuaian antara PT yang Anda pilih dengan diri Anda sendiri yang berawal dari saat menentukan pilihan tempat kuliah yang tidak tepat.

Berikut ini ada beberapa hal penting yang dapat Anda jadikan pertimbangan dalam menentukan PT yang tepat bagi diri  Anda sendiri, yaitu:

  1. Kenali Minat dan Bakat Anda

Perlu Anda ketahui bahwa minat dan bakat setiap orang tidaklah sama. Sangat tidak dibenarkan jika Anda hanya mengikuti pilihan teman dalam memilih PT ini. Saran dari teman, pacar dan orang tua dapat Anda jadikan acuan dalam mempertimbangkan memilih PT. Tapi semua itu harus Anda kembalikan lagi ke minat dan bakat yang Anda miliki.

Antara minat dan bakat adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jika Anda memiliki minat untuk menjadi seorang Insinyur maka Anda harus memiliki bakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang bersifat keteknikan dan menyukai ilmu-ilmu ekasak. Namun jika Anda tidak memiliki bakat seperti itu, lebih baik Anda tidak mengambil ilmu teknik meskipun Anda mengidam-idamkan untuk menjadi seorang insinyur.

Pilih mana, Anda cepat lulus dengan IPK yang tinggi dengan jurusan yang tidak begitu Anda suka atau Anda menjadi mahasiswa abadi namun dengan jurusan yang Anda suka. Jika Anda cepat lulus itu artinya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin cepat.

  1. Ukur Potensi Akademik Anda

Modal kuliah selain biaya adalah kemampuan akademik. Maka dari itu, pilihlah jurusan yang mudah Anda lakukan dengan potensi akademik Anda. Jangan sampai Anda mengejar cita-cita yang tidak didukung dengan potensi diri sendiri.

  1. Tentukan Jenjang Studi

Pada dasarnya program perkuliahan di PT itu dapat dibagi menjadi dua, yaitu Program Sarjana dan Diploma (Ployteknik). Program Sarjana dapat Anda tempuh paling cepat dalam kurun waktu 4 tahun, sedangkan Program Diploma dapat Anda tempuh paling cepat selama 3 tahun.

Perlu Anda ketahui lagi bahwa Program Sarjana mengedepankan pembelajaran secara teoritis dan analisis, sedangkan Program Diploma dan Polyteknik banyak mengarah ke pembelajaran praktek di lapangan.

  1. Kenali Perguruan Tinggi Pilihan

Yang perlu Anda ketahui dari PT itu adalah status akreditasi, jumlah dosen yang mengajar, fasilitas pembelajaran dan unit kegiatan mahasiswa.

Status akreditasi di PT ada dua yaitu akreditsi institusi dan akreditasi jurusan. Akreditasi institusi meliputi seluruh seluruh jurusan yang ada di PT tersebut dan dinilai secara global. Akreditasi institusi ini dapat dikatakan sebagai akreditasi rata-rata dari semua jurusan yang ada di PT tersebut.

Bisa saja akreditasi institusi PT tersebut B namun di jurusan yang Anda pilih bisa juga hanya C. Maka dari itulah cermatilah betul apa status akreditasi pada jurusan yang Anda pilih tadi.

Proses pembelajaran dapat berjalan normal jika PT memiliki jumlah dosen yang cukup. Perbandingan antara dosen dan mahasiswa yang normal adalah sekitar 1:30. Anda harus cari tahu berapa jumlah dosen yang mengampu dan jumlah total mahasiswa yang belum lulus di jurusan pada saat itu.

Fasilitas yang mendukung proses pembelajaran sangat banyak, seperti: ruang kelas, laboratorium, jaringan internet, tempat-tempat berdiskusi, tempat peribadatan, toilet dan kantin.

Unit Kegiatan Mahasiswa atau yang dikenal dengan UKM sangat penting guna mengembangkan bakat mahasiswa. Sangat disayangkan jika selama menjadi mahasiswa yang dipikirkan hanya mata kuliah yang diajarkan oleh dosen saja. Dengan mengikuti UKM tertentu yang cocok dengan selera Anda maka kelak setelah lulus kuliah pasti ada manfaatnya. Yang jelas sangat mendukung pekerjaan Anda nanti kalau sudah bekerja.

Biasanya UKM-UKM yang ada di sebuah PT adalah: UKM yang berkaitan dengan olah raga, pengembangan intelektual, pengembangan keagamaan, kesenian, pramuka, bela diri dan kemiliteran. UKM olah raga seperti: UKM bola voli, basket, sepak bola, panjat tebing. Sedangkan UKM untuk pengembangan intelektual seperti: Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

UKM yang berbau keagamaan misalnya Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). UKM kesenian seperti: UKM drama, kethoprak, lawak. UKM bela diri seperti: pencak silat, taekwondo, tapak suci. Sedangkan kemiliteran biasanya adalah Resimen Mahasiswa (Menwa).

Semua informasi yang Anda butuhkan terkait dengan PT biasanya sudah terpampang secara lengkap di website PT tersebut. Jadi, Anda tidak perlu meluncur ke PT tersebut untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan PT yang Anda incar. Barulah setelah Anda tidak puas dengan apa yang tertampang di website, barulah Anda kroscek ke sana.

  1. Lokasi dan Lingkungan Kampus

Lokasi kampus yang jauh dari rumah menyebabkan Anda harus memperhitungkan biaya kost dan kesiapan Anda untuk berpisah dengan orang tua. Akan tetapi kalau masih dapat dijangkau oleh angkutan kota mungkin Anda tidak perlu kost.

Kondisi PT dan lingkungannya perlu juga perlu Anda cermati dengan baik. Apakah akses ke kampus dapat dijangkau dengan mudah atau tidak. Lingkungan kampus berada di lingkungan orang baik-baik atau tidak.

  1. Pertimbangan Orang Tua (Wali)

Bagaimanapun juga Anda adalah harapan dan dambaan bagi kedua orang tua. Tidak ada salahnya jika dalam hal ini Anda mohon pengarahan dari kedua orang tua. Apabila terjadi perbedaan pendapat, musyawarahlah dengan bak-baik. Ingat, kesuksesan yang Anda peroleh akan lebih bahagia jika mendapat dukungan secara penuh dari orang tua.

  1. Pertimbangan Spiritual

PT sudah diberikan kebebasan dalam menentukan pendidikan karakter. Apakah PT tersebut akan dikondisikan dalam nuansa keislaman atau nasionalisme, tergantung dari pengelolaan internal PT tersebut. Maka dari itu pilihlah PT dengan kondisi spiritual yang tidak melengceng dengan keyakinan Anda.

  1. Kondisi Keuangan

Sebenarnya hal yang paling awal untuk melanjutkan studi adalah tersedianya keuangan yang cukup. Meskipun Anda sudah mendapatkan beasiswa, kondisi keuangan Anda juga perlu dipertimbangan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nanti. Apabila kondisi keuangan Anda pas-pasan mungkin dapat mengantisipasinya dengan sambil bekerja selama kuliah.

Apabila Anda memiliki kemampuan akademik yang baik dan mengalami kesulitan dalam pendanaan kuliah ada baiknya Anda coba mendaftar Beasiswa Bidikmisi. Beasiswa Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa dari pemerintah untuk kuliah di dalam negeri yang sangat popular digemari oleh para lulusan SMU.

  1. Prospek Kerja setelah Lulus

Pilihlah PT yang sudah terbukti mencetak tenaga-tenaga siap kerja. Hal ini dapat Anda lihat dari Alumni PT tersebut yang sudah terserap di dunia kerja. Sangat bagus jika PT yang Anda pilih memiliki bursa kerja yang siap menyalurkan para lulusannya ke dunia kerja atau paling tidak sudah ada kerjasama antara PT dengan industri. Jangan sampai Anda terjebak pada PT yang mudah dalam meluluskan mahasiswa namun sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangakan sebelum menentukan pilihan tempat kuliah yang pas. Namun jika Anda merasa kurang mampu untuk melanjutkan studi ke PT, alangkah baiknya untuk bekerja saja atau profesi lain yang sesuai dengan potensi Anda. Semoga dengan uraian ini dapat membantu para lulusan SMU dan SMK dalam melanjutkan studi yang lebih tinggi.*

Tips Memilih Tempat Kuliah dan Jurusan yang Tepat | Amin | 4.5
Leave a Reply