by

9 Tips Produktif Kerja dari Rumah

-Karir-29 views

Kerja dari rumah atau Work from Home (WFH) mulai banyak dilakukan sejak merebaknya Covid-19. Bagi yang sudah terbiasa bekerja secara online pasti tidak begitu bermasalah. Namun lain halnya bagi yang kesehariannya bekerja secara offline tapi diwajibkan untuk online.

Seperti halnya model pembelajaran kuliah yang pada umumnya dilakukan dengan tatap muka secara langsung kini banyak yang beralih ke sistem kuliah online / daring atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) / e-learning. Baik dosen maupun mahasiswa nya pasti akan mengalami masalah dengan dirubahnya sistem pembelajaran tersebut.

Supaya tetap produktif walaupun bekerja dari rumah, ikutilah 9 tips berikut ini:

1. Persiapan Kerja

Meskipun berada di rumah, Anda perlu mempersiapkan sebagai mana akan pergi ke kantor. Mulai dari bangun pagi, mandi, sarapan dan minum teh atau kopi. Kalau tidak memakai memakai pakaian kerja, minimal berpakaian yang rapi agar tetap terjaga nuansa kantor. Dengan begitu, mod kerja akan tetap ada dalam diri Anda.

2. Memiliki Jadwal Kerja

Sesuatu yang dikerjakan tanpa mengikuti jadwal pasti kurang mumuaskan hasilnya. Target-target yang sudah kalian jadikan sasaran pasti tidak akan tercapai tanpa ada jadwal kerja yang baik.

3. Membuat Work Planner

Work planner ibarat monitor yang selalu memantau hasil kerja Anda. Beberapa hal yang perlu Anda buat ketika membuat work planner adalah target yang akan dicapai, jadwal harian, perencanaan (tahunan, bulanan, mingguan dan harian).

Work planner juga memuat apa-apa yang sudah Anda lakukan dan yang yang akan Anda lakukan. Bahkan ide-ide cemerlang (brainstorming) perlu Anda cantumkan guna membuat perencanaan masa depan.

4. Kolaborasi

Bagaimanapun juga bekerja bersama team akan membuahkan hasil yang optimal. Ketika bekerja di rumah, berkolaborasi dapat Anda ciptakan dengan memanfaatkan Aplikasi Sosmed, seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, Email, dan lain sebagainya.

Tapi jangan sampai kelewatan ya. Biasanya kalau sudah asik mengoperasikan Aplikasi Sosmed jadi lupa waktu.

5. Rehat Sebentar

Konsentrasi dalam pekerjaan secara terus-menerus seharian pasti membuat cepat jenuh, apalagi tidak ada kawan yang diajak untuk bergurau atau sekedar ngobrol.

Sesekali cobalah untuk ke luar rumah sekedar cari angin atau sambil cari cemilan yang dapat Anda jadikan teman di meja kerja Anda. Apabila di rumah ada anggota keluarga, ada baiknya Anda bergabung sebentar sekedar ngobrol atau main-main. Setelah itu Kembali lagi untuk bekerja.

6. Ruang Kerja Nyaman

Lingkungan kerja yang bersih, rapi dan tidak bising pasti sangat mendukung pekerjaan. Agar tidak banyak barang-barang yang berserakan di ruang kerja terutama di meja kerja, setiap selesai menggunakan sesuatu segeralah untuk mengembalikan ke tempat semula.

7. Koneksi Internet Lancar

Jaringan koneksi internet adalah nyawa dari kerja secara online. Persiapkan data internet yang cukup dan pastikan terdapat sinyal yang kuat. Apabila Anda berada di jangkauan internet yang sulit, Anda dapat menggunakan Antena Penguat Sinyal HP.

8. Ciptakan Suasana Layaknya Sebuah Kantor

Kendala yang sering dialami ketika bekerja dari rumah adalah terganggu dengan suasana rumah. Rumah lebih tepat untuk tempat bersantai dan beristirahat.

Untuk dapat menciptakan suasana rumah menjadi layaknya kantor tentu membutuhkan perjuangan yang cukup berat kalau belum terbiasa.

9. Hindari Pengaruh Lingkungan

Banyak sekali gangguan-gangguan ketika WFH, seperti gangguan dari anggota keluarga yang ada di rumah itu sendiri, tetangga dan teman. Apalagi jika ada yang menyangka kalau di rumah itu tahunya santai, baru tidak ada kerjaan.

Itulah 9 tips agar tetap produktif kerja dai rumah (Work from Home / WFH) yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.