Pantai Parangtritis Jogja: Pesona yang Berbalut Mitos dan Misteri

By On Friday, February 23rd, 2018 Categories : Travelling

Sama halnya dengan Malioboro, Pantai Parangtritis memiliki daya tarik yang kuat dengan destinasi wisata ke Yogyakarta. Belum dikatakan ke Jogja apabila belum menikmati indahnya Pantai Parangtritis. Itulah ungkapan dari kebanyakan para wisatawan yang melancong ke Yogyakarta.

Pantai Parangtritis merupakan salah satu dari sekian banyak deretan pantai di bagian selatan Pulau Jawa. Tak hanya keindahan panorama yang luar biasa, namun obyek wisata yang dikenal dengan sebutan PARIS (Parangtritis) ini juga kental akan budaya, misteri dan mitos yang menyelimutinya. Baca juga  Info Pantai Parangtritis di Blog Traveloka.

Dari berbagai sumber yang dihimpun oleh muh-amin.com bahwa terdapat hubungan antara Pantai Parangtritis, Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Hal ini dapat dibuktikan dengan cara menarik garis lurus dari Gunung Merapi ke Pantai Parangtritis dengan bantuan Google Map. Maka lokasi Keraton Yogyakarta akan terlewati garis lurus tersebut. Dan ini bukan sebuah kebetulan, namun sudah direncanakan pada saat awal akan mendirikan kerajaan setelah pisah dari Kesultanan Surakarta.

Selain itu, legenda Nyai Roro Kidul yang sangat popular juga lekat dengan Pantai Parangtritis. Hingga kini masih banyak masyarakat Jawa dan sekitarnya yang meyakini kalau pantai ini adalah gerbang masuk menuju kerajaan gaib Sang Ratu Nyai Roro Kidul. Berawal dari situlah mulai merebak berbagai cerita-cerita misteri dan bermacam-macam mitos di masyarakat Jawa dan sekitarnya.

Salah satu mitos yang sangat popular berkaitan dengan obyek wisata Pantai Parangtritis adalah sebuah larangan untuk memakai baju berwarna hijau jika mandi atau bermain air di pantai selatan. Alasannya adalah Nyai Roro Kidul yang menguasai laut pantai selatan sangat suka dengan warna hijau. Sehingga siapa saja yang berenang dengan menggunakan baju warna hijau akan ditelan ombak lautan yang ganas dan orang tersebut akan dijadikan sebagai pengikut Nyai Roro Kidul.

Dalam kenyataannya, mitos yang bau misteri itu ternyata tidak mengurungkan niat para wisatawan untuk mengunjungi Pantai Parangtritis. Malahan dapat menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi ciri khas dari obyek wisata tersebut.

 

HAL MENARIK DI PANTAI PARANGTRITIS

Apabila Anda menjadikan Pantai Parangtritis sebagai tempat destinasi Anda, sangat disayangkan jika Anda melewatkan beberapa hal berikut ini:

  1. Menikmati Ombak Lautan yang Ganas

Salah satu keunikan dari pantai selatan ini adalah terkenal dengan ombaknya yang sangat menantang. Dengan dukungan bibir pantai yang cukup luas maka ombak yang menggulung-gulung dapat Anda nikmati dengan puas.

  1. Bermain Pasir Pantai

Deretan pantai selatan Pulau Jawa pada umumnya berwarna putih bersih. Namun berbeda dengan Pantai Parangtritis, pasir pantai ini berwarna coklat kehitam-hitaman, namun tetap terjaga juga kebersihannya.

Meskipun pasir pantai di Parangtritis tidak seindah pantai selatan yang lain, karena pantai ini memiliki bibir pantai yang sangat luas maka banyak wisatawan yang ketagihan dengan lokasi ini karena selain keindahannya juga terkesan lapang dan tidak sumpek.

  1. Naik Delman di Sepanjang Pantai

Cara menikmati pantai yang unik selain berendam atau sekedar jalan-jalan di tepi pantai adalah dengan naik delman dan kuda yang banyak di sewakan di sekitar Pantai Parangtritis.

Untuk harganya relatif sangat terjangau. Namun tidak usah khawatir bagi yang belum pernah naik kuda atau belum bisa mengendalikan kuda karena pemilik kuda akan setia mendampingi kemana Anda jalan-jalan menyusuri pantai.

  1. Menikmati Sunset

Pantai Parangtritis yang terletak di pantai selatan Pulau Jawa ini sangat cocok Anda pergunakan untuk menikmati indahnya sunset secara sempurna. Sunset dapat Anda nikmati tanpa terhalang oleh pepohonan atau tebing yang menjulang disekitar pantai. Benar-benar sangat memuaskan.

  1. Main ATV

All Terrain Vehicle (ATV) disepanjang Pantai Parangtritis ini banyak tersedia untuk direntalkan. Silahkan Anda yang mau menaklukkan jalan pasir di Pantai Parangtritis ini dengan APV dapat mengeluarkan biaya sewa yang cukup terjangkau yaitu Rp 50.000,- per 15 menit.

 

FASILITAS DI PANTAI PARANGTRITIS

Beberapa fasilitas yang tersedia di sekitar Pantai Parangtitis sudah cukup lengkap dan nyaman, seperti:

  1. Hotel

Penginapan atau hotel disekitar Pantai Parangtritis cukup banyk tersedia. Silahkan Anda memilih sendiri mulai yang berada di sekitar bibir pantai hingga di perbukitan dengan view pantai yang menakjubkan. Sedangkan untuk harganya juga sangat bervariasi, mulai dari dibawah Rp 100.000,- hingga Rp 800.000,-. Salah satu rekomendasi untuk menentukan penginapan yang pas sesuai selera Anda dapat hunting di Travelloka.

  1. Restoran

Yogyakarta sejak dahulu sudah terkenal dengan variasi makanan yang cukup banyak dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi tidak usah khawatir jika Anda Anda lupa tidak membawa bekal makanan dari rumah.

  1. Wahana Bermain

Sambil menikmati keelokan Pantai Parangtritis, di sekitar pantai Anda disediakan berbagai wahana bermain, seperti Kendaraan ATV,  Kolam Renang Air Hangat, Paralayang dan Gumuk Pasir Parangkusumo.

  1. Rental Payung

Berkunjung ke Pantai Parangtritir dapat Anda lakukan kapan saja tanpa harus memperhitungkan musim hujan atau kemarau. Karena di lokasi wisata ini banyak yang menyewakan payung dengan harga terjangkau.

 

LOKASI DAN RUTE MENUJU KE PANTAI PARANGTRITIS

Lokasi Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, dengan jarak kira-kira 27 km dari tengah kota Yogyakarta. Dengan mengendarai mobil, dapat Anda tempuh dengan waktu sekitar 45 menit. Sedangkan jika Anda memilih naik angkutan umum juga tidak masalah karena lokasi wisata ini juga dilalui oleh kendaraan umum. Tentunya dengan waktu yang lebih lama.

Apabila menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik microbus jurusan Yogyakarta-Parangtritis dari Jokteng (Pojok Beteng) Kulon yang berada di Jalan Parangtritis atau Terminal Giwangan Yogyakarta. Perlu Anda catat dengan benar bahwa saat ini microbus ini hanya beroperasi hingga pukul 17.00 WIB. Jadi, apabila Anda menginginkan dapat menikmati sunset alangkah baiknya menggunakan kendaraan sendiri agar tidak tertinggal bus ketika akan pulang.

 

HARGA TIKET

Harga tiket masuk ke Pantai Parangtritis relatif terjangkau, untuk saat ini adalah Rp 5000,- per orang.

 

TEMPAT WISATA TERDEKAT

Beberapa tempat wisata disekitar Pantai Parangtritis adalah: Pantai Depok, Pantai Pandansimo, Pantai Pandansari, Pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, Pantai Parang Endog, Gumuk Pasir Parangkusumo, Pemandian Air Panas Parang Wedang.

 

TIPS WISATA KE PARANGTRITIS

Sebelum Anda memutuskan untuk berwisata ke Pantai Parangtritis, beberapa tips yang dapat Anda jadikan referensi adalah:

  1. Berhati-hatilah ketika bemain omba di Pantai Parangtritis karena ombak di sepanjang Pantai Selatan terkenal besar yang kuat. Jadi bermain-mainlah dibibir pantai saja, tidak usah jauh-jauh ke tengah pantai. Tidak usah coba-coba untuk melewati batas yang direkomendasikan.
  2. Apabila Anda tidak ingin capaik dan dapat menikmati semua keindahan di sekitar pantai Anda dapat menyewa APV, delman atau kuda yang di sewakan di sana.
  3. Seperti halnya menikmati keindahan pantai-pantai yang lain, agar kulit Anda tidak berubah gelap alngkah baiknya Anda pergunakan sun block sebelum ke pantai. Sedangkan untuk melindungi pandangan Anda dari silaunya matahari, Anda dapat menggunakan kaca mata hitam.

Itulah beberapa info dan tips yang dapat Anda jadikan referensi untuk wisata ke Pantai Parangtritis. Semoga bermanfaat.*

Pantai Parangtritis Jogja: Pesona yang Berbalut Mitos dan Misteri | Amin | 4.5
Leave a Reply