Dampak Positif dan Negatif Lato-Lato

Life33 Views

Lato-Lato memiliki dampak positif dan negatif. Salah satu dampak positifnya yaitu dapat menstimulasi kemampuan motorik anak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. Namun dampak negatifnya sangat vatal jika tidak digunakan dengan semestinya.

Pada artikel ini akan memaparkan berbagai dampak positif dan negatif dalam memainkan Lato-Lato. Selain menguraikan kedua dampak tersebut, juga akan diuraikan bagaimana cara menanggulangi dampak negative Lato-Lato.

ASAL MULA MAINAN LATO-LATO

Mainan Lato-Lato bukanlah jenis permainan baru akan tetapi sudah dikenal di Negara Amerika Serikat – terutama Argentina, Chile, dan Uruguay sejak tahun 1960-an dan mulai popular di negara tersebut pada tahun 1970-an.

Seperti yang dikabarkan solopos.com bahwa permainan lato-lato sempat di larang oleh penjabat sekolah Amerika Serikat karena bandulnya yang terbuat dari jenis kaca rawan terjadi pecah akibat benturan. Pecahan kacanya juga tidak dapat diprediksi sehingga kemungkinan mengenai tubuh seseorangpun tak dapat dielakkan.

Menurut sejarahkita.com, Lato-Lato pada awalnya adalah sebuah senjata di Amerika Serikat yaitu Baleadoras. Senjata ini biasanya digunakan untuk memburu dan menangkap hewan. Namun sekarang ini juga dipakai dalam pertunjukan olah raga dengan nama ‘Boleo’ atau Boleadoras’.

Asal Mula Lato-Lato (sejarahkita.com)

Lato-Lato mulai dikenal di Indonesia sejak dekade 1990-an sampai 2000-an. Mainan tradisional ini pada mulanya hanya dimainkan oleh anak-anak pedesaan. Namun sekarang meluas ke perkotaan, dan bahkan tidak hanya anak-anak yang memainkan tapi juga orang dewasa.

ISTILAH LATO-LATO

Istilah Lato-Lato memiliki sebutan yang beragam. Setiap daerah memiliki sebutan yang berlainan. Ada yang mengatakan Ethek-Ethek, Kato-Kato, Nok-Nok, dan Toki-Toki. Akan tetapi menurut serambinews.com bahwa Lato-Lato ternyata berasal dari Bahasa Bugis yaitu Kajao-Kajao, artinya adalah nenek-nenek. Lalu kata tersebut berubah pelafalannya menjadi Kato-Kato dan akhirnya Lato-Lato.

CARA BERMAIN LATO-LATO

Beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika akan mamainkan Lato-Lato adalah:

  1. Fokus
  2. Jepit erat-erat tali penggantung bandul
  3. Posisikan kedua tali penggantung bandul dalam kondisi seimbang
  4. Ayunkan tangan naik turun secara perlahan-lahan dan pertahankan kedua bandul bertumbukan tepat di tengah-tengahnya
  5. Setelah dapat mengendalikan bola, ayunkan tangan semakin cepat ke atas hingga kedua bola terpantul ke atas dan bertumbukan
  6. Lakukan terus menerus dengan memperhatikan keseimbangan bandul

MANFAAT BERMAIN LATO-LATO

Beberapa manfaat atau dampak positif dari permainan Lato-Lato adalah:

  1. Meningkatkan konsentrasi
  2. Melatih keseimbangan
  3. Menstimulus kemampuan motorik anak dan mengkoordinasikan dengan kemampuan kognitifnya.
  4. Menumbuhkan sikap kompetitif anak
  5. Mengurangi ketergantungan pada HP atau Smarphone
  6. Meningkatkan hubungan sosial anak
  7. Menjadi media healing murah meriah tanpa harus wisata atau rekreasi
  8. Menurunkan hebit generasi MAGER atau Males Gerak
  9. Media olah raga ringan untuk kesehatan badan

DAMPAK NEGATIF LATO-LATO

Pada dasarnya semua permainan ada dampak negatifnya, tergantung bagaimana cara orang tersebut untuk memainkan dan menggunakannya. Selain manfaat seperti yang dijelaskan di atas, Lato-Lato juga ada dampak negatifnya seperti:

  1. Bandul pecah. Pecahnya bandul dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: (1) Bahan yang kurang berkualitas (2) Cara memainkan yang terlalu cepat dan bertenaga (3) Bahan lapuk karena termakan usia.
  2. Tali penggantung bandul putus. Alasannya sama dengan pecahnya bandul (No.1).
  3. Lato-Lato terlempar dari tangan. Penyebanya adalah jari-jari tangan kurang kuat menjepit tali lato-Lato.
  4. Terkena pantulan bandul

Nah, dampak negatif inilah yang wajib Anda perhatikan betul karena apabila pecahan bandul atau bandul yang terlempar dengan tenaga yang cukup kuat tentu akan membuat celaka orang yang berada di sekitarnya.

UPAYA PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF LATO-LATO

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dalam bermain Laato-Lato adalah:

  1. Ketika akan membeli Lato-Lato, perhatikanlah kualitas bahan dari lato-Lato tersebut. Tidak hanya kualitas dari bahan bandul saja namun juga perhatikan tali penggantungnya.
  2. Ketika bermain, jepit tali penggantung bandul dengan kuat agar Lato-Lato tidak terlempar.
  3. Usahakan tidak terlalu dekat dengan kerumunan orang Ketika memainkan Lato-Lato. Tujuannya agar tidak terkena lemparan Lato-Lato jika terjadi pecah bandul atau terlempar.
  4. Bagi penonton, tidak dianjurkan untuk melihat terlalu deket dengan anak yang bermain Lato-Lato.

REKOMENDASI

Mainan Lato-Lato boleh dipergunakan sebagai salah satu mainan anak dan orang dewasa, apalagi manfaat yang ditimbulkan cukup banyak. Akan tetapi bagi anak-anak yang usianya dibawah 10 tahun alangkah baiknya mendapatkan pengawasan yang cukup dari orang tuanya agar tidak terjadi kecelakaan vital.*)