by

10 Hal yang Wajib dibawa Saat Mudik Lebaran dengan Mobil

-Life-64 Views

Mudik Lebaran Idul Fitri dengan mengendarai mobil pribadi memang sangat nyaman. Selain tidak terpancang dengan jadwal angkutan umum, Anda juga bisa leluasa untuk mentukan rest area mana saja untuk istirahat. Namun biar tetep aman berkendara saat mudik lebaran Anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang kemungkinan Anda butuhkan dengan segera di tengah perjalanan.

MENGAPA WAJIB DIPERSIAPKAN?

Biasanya di masa lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, toko-toko dan supermarket banyak yang tutup. Jika tiba-tiba karena sesuatu hal mungkin Anda membutuhkan sesuatu atau barang dengan segera maka Anda tidak perlu pusing-pusing untuk mencari toko penjual barang tersebut.

SAAT MUDIK LEBARAN WAJIB BAWA INI

Berikut ini adalah 10 barang yang wajib Anda persiapkan ketika berkendara di musim lebaran:

1. Ban Serep dan Dongkrak

Selain mengecek tekanan angin ban dan kaki-kaki roda, Anda perlu mengecek ban serep (ban pengganti saat darurat). Karena jarang sekali dipakai, ban serep perlu Anda cek lagi terutama untuk tekanan angin ban tersebut.

Pengaruh cuaca dan suhu lingkungan atau mungkin ada kebocoran ringan maka tekanan angin ban menjadi berkurang. Jangan sampai lupa membawa dongkraknya juga karena tanpa dongkrak Anda tidak akan mampu untuk mengganti ban.

2. Tool Box

Cek lagi isi dari tool box. Paling tidak tool box berisi kunci busi, kunci roda, tang, kunci pas/ring 8, 10, 12, 14, 17 dan pukul besi.

3. Sekring dan Soketnya

Sekring dan soketnya ini penting sekali terutama bagi mobil yang menggunakan daya besar untuk lampu depan (lampu besar) nya.

Karena termakan usia, kadang soket sekring mengalami kerenggangan sehingga menimbulkan panas pada kabel penghubungnya. Apabila hal tersebut dibiarkan maka soket sekring akan mengalami kebakaran. Akibatnya, lampu depan menjadi mati secara mendadak.

4. Bohlam Lampu Kepala

Ketika berkendara di malam hari, lampu depan merupakan sesuatu hal yang tidak bisa disepelekan. Bagaimana jika tiba-tiba lampu depan mendadak mati ketika perjalanan malam?

5. Lampu Senter

Lampu senter berfungsi sebagai penerang ketika Anda mengecek bagian mobil jika mengalami trouble. Misalnya ada kabel yang putus atau ada komponen mobil yang mengalami kerusakan, atau yang lainnya.

6. Alat Navigasi

Peralatan navigasi bisa menggunakan smartphone yang sudah terinstal dengan Aplikasi Google Map. Melalui Aplikasi Map itulah Anda bisa mendapatkan petunjuk jika memalui jalan asing.

7. Kunci Pengaman Stir

Meskipun sudah terpasang kunci alarm mobil, Anda perlu juga menambahkan kunci pengaman stir. Gunanya ketika parkir di tempat yang belum Anda kenal sebelumnya.

8. Kompresor Mini

Ada kalanya ketika diparkir, ban mobil bisa menjadi kempes sendiri karena ada kebocoran ringan. Nah, dengan membawa kompresor mini Anda tidak perlu bingung untuk mendorong mobil.

9. Battery Charger

Karena kelalaian pengemudi yang tidak mematikan lampu depan ketika mobil sedang parkir dalam kondisi mesin mati. Akibatnya accu menjadi tekor.

10. Platina

Bagi mobil yang masih menggunakan sistem pengapian konvensional, perlu menyiapkan platina yang baru sebagai cadangan jika tiba-tiba mengalami ketersendatan pengapiannya.

PENUTUP

Selain 10 hal yang wajib Anda bawa saat berkendara di mudik lebaran diatas, jangan lupa juga bawa STNK dan SIM. Selain itu perlu juga membawa Sertifikat Vaksin, masker dan obat-obatan seperlunya.

Bagi yang berkendara dengan menggunakan kendaraan bermotor jangan lupa membawa jas hujan, helm standar, rompi dada dan sarung tangan. Semoga perjalanan Anda menjadi menyenangkan. Selamat hari Raya Idul Fitri, mohon ma’af lahir dan batin.*)