by

Cara Mudah Mengetahui Scopus ID

-Ilmiah-16,056 views

SCOPUS ID sebenarnya akan tampak dengan sendirinya ketika nama penulis diklik di laman scopus. Namun sayangnya, hal tersebut hanya berlaku bagi penulis yang sudah memiliki lebih dari satu artikel terindeks di scopus. Mengapa demikian? Kemungkinan itulah langkah preventif SCOPUS dalam penetapan AUTHOR SCOPUS ID bagi penulis baru, agar tidak salah persepsi – mengingat begitu banyaknya kesamaan nama orang di dunia.

APA KEGUNAAN SCOPUS ID?

Salah satu kegunaan SCOPUS ID adalah untuk mengaitkan semua artikel yang terindeks di SCOPUS ke Portal Sinta. Sedangkan Portal Sinta merupakan alat ukur prestasi peneliti di Indonesia yang ditetapkan menurut pencapaian h-indeks Anda sebagai penulis di SCOPUS dan Google Scholar / Cendekia. Untuk menghubungkan akun Google Scholar Anda dengan cara memasukkan alamat akun Google Scholar, sedangkan untuk memasukkan artikel jurnal yang terindeks di Scopus dengan cara memasukkan SCOPUS ID.

PERSYARATAN MEMILIKI SCOPUS ID

Banyak yang mengira kalau SCOPUS ID itu diperoleh dengan cara mendaftar terlebih dahulu seperti halnya membuat akun di Google Scholar. Namun ini berbeda, SCOPUS ID tidak dapat Anda peroleh dengan cara mendaftar seperti itu, melainkan akan diberikan secara otomatis oleh Scopus jika sudah memiliki artikel baik jurnal atau hasil seminar yang sudah terindeks di Scopus.

LANGKAH-LANGKAH MENDAPATKAN SCOPUS ID

Ada tiga acara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan SCOPUS ID, yaitu:

CARA PERTAMA

  1. Buka laman Scopus di www.scopus.com
  2. Klik Author Search
  3. Kemudian isilah kolom nama dan afiliasi Anda. Jika artikel Anda adalah pemula sebaiknya kosongkan saja kolom afiliasi karena ada kemungkinannya gabung dengan author lain. Selain itu, kadang juga pengaruh nama institusi yang di bahasa inggris-kan, sedangkan nama institusi yang Anda ketikkan tidak dalam bahasa inggris. Sehingga nama Anda tidak dapat ditemukan.
  4. Setelah Anda klik tombol Search maka nama Anda akan tampil disitu. Lalu untuk mengetahui SCOPUS ID, Anda dapat mengarahkan pointer mouse Anda ke jumlah artikel yang menunjukkan angka 1 (artinya Anda sudah memiliki 1 buah artikel yang terindeks di Scopus).
  5. Klik kanan angka satu tersebut, lalu copy.
  6. Setelah itu buka MS Word atau Notepad untuk mem-paste-kan link yang Anda copy tadi.
  7. Disitulah Anda dapat menemukan SCOPUS ID Anda. SCOPUS ID Anda berupa angka-angka yang berada di bagian akhir laman tersebut (angka merah yang disorot kuning).

CARA KEDUA

  1. Lakukan langkah 1 hingga 4 pada Cara Pertama
  2. Klik Inspect Element, sehingga muncul link laman yang berada di kanan halaman layar computer Anda
  3. SCOPUS ID Anda berupa Angka-Angka yang berada di bagian akhir link laman

CARA KETIGA

Apabila Anda tidak mau ribet dengan melakukan kedua cara untuk mendapatkan Scopus Id seperti diatas, Anda dapat mengirimkan kontak ke admin Scopus via Support Help. Namun tentu saja proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama jika tidak mendapatkan respon dari Scopus.

Jangan khawatir, cara ketiga ini sudah ada yang mencobanya, seperti yang dilakukan oleh Arrin Rosmala dalam komentarnya di Page Facebook Muh-Amin.Com dan di share di Grup Ikatan Dosen Republik Indonesia (IDRI).

CARA MENGECEK SCOPUS ID

Untuk mengecek apakah SCOPUS ID yang Anda cari adalah benar, maka Anda dapat mengeceknya melalui laman berikut dengan menambahkan SCOPUS ID pada bagian akhir.

Laman untuk mengecek SCOPUS ID adalah: http://www.scopus.com/authid/detail.url?authorId= [……….]

Titik-titk dapat Anda masukkan SCOPUS ID Anda, misalnya: 57204106663. Setelah Anda cek, maka hasilnya adalah benar seperti pada gambar.

Demikianlah cara menemukan SCOPUS ID dengan cara mudah dan cepat yang dapat Anda pergunakan. Semoga bermanfaat.*

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

11 comments

  1. saya punya dua artikel yang dipublikasi di prosiding terindeks scopus (IOP Conference) tapi nama saya belum terdaftar di SCOPUS.. mohon info pak apakah perlu di sinkronisasi manual ke scopus atau gimana ya ?. terima kasih infonya pak

    1. Biasanya apabila sudah memiliki artikel terindeks di Scopus secara otomatis sudah terdaftar di Scopus, namun perlu waktu. Setelah artikel published beberapa hari atau minggu barulah terindeks di Scopus dengan sendirinya. Tunggu aja dulu Pak Robin. Kalau sebulan belum juga terindeks, hubungi aja pihak Scopus.

  2. Mohon maaf.
    Mohon Solusi. Saya masih sangat pemula dan masih memiliki 1 publikasi scopus, namun ID Scopus nya menempel pada ID Scopus milik orang lain.. Bagaimana Solusinya??

    1. Hal semacam itu sudah biasa kok pak, tapi nggak masalah, bisa direvisi. Bapak bisa kontak Scopus melalui laman “Help” atau “Contact Us” yang sudah disediakan oleh Scopus sebagai sarana untuk konfirmasi.
      Laman itu dapat Bapak temukan di bagian bawah situs Scopus. Semoga berhasil.

  3. Sangat bermanfaat pak, terimakasih. Lalu perkenankan saya bertanya, paper saya di proceeding kan di IOP, keduanya sudah muncul di scpus, namun ada satu paper hampir memiliki kesamaan nama dengan saya, nama saya “Fajar Pitarsi Dharma” kemudian ada satu paper namanya “Fajar Chandravi Dharma”, ketika author search dengan “exact match” yang keuar malah yang Fajar Chandravi, itu bagaimana ya pak ? author ID 2 paper saya pun terindex di scopusnya atas nama Fajar chandravi,
    lalu bagaimana ya pak solusinya

    1. Ya itulah yang namanya software masih kalah dengan manusia. Tenang saja, serhkan pada empunya. Scopus maksud saya. Mas Fajar bisa menghubungi SCPOUS lewat ‘HELP’ atau ‘CONTACT US’yang ada di laman dia. Semua keluhan bakal direspon dengan baik kok, tenang saja.

  4. Saya ingin menanyakan,apakah id scopus ini berlaku seumur hidup? Dan apakah ketika kita sdh memiliki id scopus,id scopus ini juga bisa hilang atau tidak di temukan lagi?
    Terima kasih infonya pak.

  5. Saya punya abstrak dimuat di journal yang sudah terindeks scopus tapi, itu terdapat pada suplement abstrak kongres international. Apakah ini juga bisa ada ID scopusnya…??