by

Cara Supaya WA tidak Terlihat Online oleh Orang Lain

-Gadget-0 views

Supaya tidak diketahui sedang online di WA atau WhatsApp, caranya sangat mudah dan tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan. Hanya dengan melakukan beberapa langkah setting / pengaturan di aplikasi WhatsApp, Anda sudah bisa tidak terlihat online oleh orang lain – padahal Anda sedang online dan tengah membuka pesan WA mereka saat itu.

Bagi sebagian orang, mungkin cara ini sangat perlu agar aktivitas online di WA tidak diketahui oleh orang lain. Akan tetapi bagi kebanyakan orang, mungkin saja dalam kondisi-kondisi tertentu juga membutuhkan cara ini. Misalnya pada saat ada masalah dengan seseorang atau dalam kondisi yang tidak ingin diganggu – alias pingin menyendiri, atau kondisi yang lain.

Nah, cara yang dapat Anda lakukan supaya WA tidak terlihat online oleh orang lain padahal sedang online adalah sebagai berikut:

1. Matikan Fitur Centang Biru

Centang biru di WA memberikan tanda bahwa pesan yang Anda kirimkan sudah dibaca oleh penerima pesan. Tanda centang biru ini bisa dinonaktifkan agar seseorang yang mengirimkan pesan ke Anda tidak mengetahui kalau pesannya sudah Anda baca.

Cara mematikan fitur centang biru adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik Tombol Tiga Titik di kanan atas layar WA Anda
  3. Pilih Setting atau Pengaturan
  4. Pilih AccountPrivacyRead Receipts
  5. Selesai

2. Matikan Fitur Last Seen

Kalau fitur centang biru sudah Anda matikan berarti Anda sudah bisa leluasa membuka pesan yang masuk tanpa khawatir ketahuan dari pengirim pesan. Namun demikian pengirim pesan masih bisa mengetahui kapan Anda terakhir membuka WA. Fitur last seen ini dapat Anda lihat tepat dibawah nama profil yang berada di bagian atas HP.

Melihat Waktu Baca Terakhir di WhatsApp

Meskipun pengirim pesan tidak mengetahui apakah pesannya sudah Anda baca atau belum (karena sudah tidak ada centang biru), mereka memiliki anggapan pesannya sudah Anda baca karena mereka tahu kapan terakhir kali Anda membuka WA, walau Anda tidak membaca pesan mereka tersebut.

Nah, supaya pengirim pesan benar-benar tidak mengetahui kapan Anda membuka pesan mereka dan juga tidak tahu kapan terakhir kali Anda membuka WA dapat Anda  gunakan cara yang kedua ini.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mematikan fitur Last Seen atau Terakhir Kali Dilihat. Cara ini berguna untuk menyembunyikan waktu terakhir kali Anda membuka WA. Kalau tidak dimatikan (dalam kondisi normal), pengirim pesan dapat melihat kapan waktu Anda membuka WA.

Cara mematikan fitur Last Seen adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp seperti pada cara pertama di atas
  2. Klik Tombol Tiga Titik di kanan atas layar WA
  3. Pilih Setting atau Pengaturan
  4. Pilih Account Privacy Last Seen
  5. Setelah mengklik Last Seen atau Tekahir Kali Dilihat, Anda disuguhkan dengan 3 pilihan yaitu Everyone, My Contacts dan Nobody. Jika Anda memilih Everyone berarti semua orang bisa melihat kapan Anda membuka WA. Kalau Anda pilih My Contacts berarti hanya teman yang ada di kontak WA Anda yang bisa melihatnya. Nah, jika Anda memilih Nobody berarti tidak ada seorangpun yang bisa melihat kapan Anda online dan membuka pesan WA.
  6. Selesai
Cara Mematikan Fitur Last Seen WhatsApp

Jadi, minimal dengan menggunakan kedua cara diatas supaya Anda tidak kelihatan online padahal sedang online.

3. Berikan Catatan di WhatsApp Story

Kedua cara supaya tidak terlihat online padahal sedang online di WA seperti yang dijelaskan di atas sebenarnya sudah tercover, namun jika memang Anda benar-benar tidak ingin diganggu dengan masuknya pesan di WA Anda bisa menambahkan keterangan di Status WA.

Pada status WA atau WhatsApp Story, Anda bisa menuliskan apa saja. Misalnya ‘Jangan diganggu, baru sibuk berat’, atau yang lain.

Cara memberikan catatan di WA Story adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik Tombol Tiga Titik di kanan atas layar WA
  3. Pilih Setting atau Pengaturan
  4. Klik pada bagian paling atas tentang profil Anda
  5. Ketikkan kalimat menurut keinginan Anda
  6. Selesai
Membuat Status WhatsApp

4. Atur Siapa Saja yang Bisa Melihat Status Anda

Salah satu keunggulan dari WA adalah Anda bisa menentukan siapa saja yang diijinkan untuk melihat status Anda. Anda bisa memilih siapa saja yang boleh melihat dan siapa saja yang tidak boleh melihat status.

Cara mengkondisikan siapa saja yang diijinkan untuk melihat status adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Klik Tombol Tiga Titik di kanan atas layer WA
  3. Pilih Setting atau Pengaturan
  4. Pilih Account Privacy Status
  5. Setelah mengklik Status, Anda dapat menentukan siapa saja yang bisa menonton staus Anda. Terdapat 3 pilihan yaitu My Contact, My Contacts Except … dan Only share with …. Jika Anda memilih My Contact berarti semua orang bisa melihat status WA Anda. My Contacts Except … untuk menentukan siapa saja yang bisa melihat status yang ada di kontak Anda. Dan jika Anda memilih Only share with …. berarti Anda bisa menentukanorang-orang tertentu yang bisa melihat status Anda.
  6. Selesai
Mengatur Siapa Saja yang Bisa Melihat Status WhatsApp

5. Aktifkan Flight Mode

Mode penerbangan artinya HP Anda di setting tidak bisa menjangkau jaringan internet. Dengan mengaktifkan mode ini sama saja Anda mematikan seluruh jaringan internet di HP Anda.

Cara menggunakan flight mode agar tidak ketahuan sedang online di WA adalah:

  1. Setelah mengetahui ada pesan masuk ke WA, jangan buru-buru untuk membukanya tapi aktifkan terlebih dahulu flight mode ini.
  2. Baru setelah flight mode sudah aktif, Anda bisa membuka semua pesan di WA tanpa khawatir untuk diketahui orang
  3. Begitu akan membalas pesan, ketikkan aja semua pesan di WA dan kirimkan.
  4. Aktifkan flight mode untuk memproses pengiriman pesan
  5. Selesai

6. Matikan Jaringan Internet

Pada dasarnya cara yang ke enam ini sama dengan flight mode yaitu dengan memutus jaringan internet di HP Anda. Cara mematikan jaringan internet yaitu dengan menonaktifkan paket data internet. Apabila menggunakan Wifi, Anda bisa mematikan Wifi nya.

PENUTUP

WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang sangat jujur sehingga saking jujurnya ada sebagian pengguna yang kadang kurang nyaman dengan kejujurannya itu. Perlu Anda ketahui bahwa setting WA yang Anda lakukan juga berdampak pada diri Anda sendiri. Ini merupakan sebuah dampak yang sebanding.

Misalnya Anda mematikan fitur centang biru, itu artinya khan orang yang mengirim pesan ke Anda tidak mengetahui apakah pesannya sudah Anda baca atau belum. Hal ini oleh WhatsApp juga diberlakukan hal yang sama pada Anda. Anda juga tidak bisa melihat apakah pesan yang Anda kirimkan sudah dibaca oleh penerima pesan atau belum.

Nah, itulah konsekwensi yang perlu Anda pertimbangkan sebelum melakukan setting WA agar tidak keliahatan online.*