by

Inilah 6 Sumber Ide Memulai Menulis Proposal yang Menarik

-Ilmiah-403 views

Modal utama untuk bisa menulis proposal penelitian yang baik dan menarik adalah ide awalnya. Namun sebagian orang, terutama bagi peneliti pemula sulit untuk mendapatkan ide penelitian tersebut.

Bagaimana mungkin Anda dapat memulai menulis proposal penelitian kalau masih ada batu besar yang menjadi penghalangnya?

Berikut ini akan dijelaskan 7 sumber ide memulai menulis proposal yang dapat Anda pergunakan untuk memulai menulis proposal yang menarik.

IDE PENELITIAN YANG MENARIK

Paling tidak ada 3 hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk menghasilkan ide penelitian yang menarik, yaitu:

1. Mampu menjawab / menyelesaikan permasalahan dengan tepat

Penerapan metode penelitian yang tepat sangat berpengaruh pada hasil penelitian. Pilihlah metode penelitian yang benar-benar dapat mewakili kondisi yang ada di lapangan.

Dengan begitu, apa yang menjadi tujuan penelitian Anda dapat terarah dan dapat menyelesaikan permasalahan dengan baik.

2. Mampu memberikan banyak alternatif cara menyelesaikan permasalahan

Selain dapat memberikan solusi permasalahan utama, akan memiliki nilai plus jika hasil penelitian Anda bisa memberikan alternatif jawaban.

Apabila cara pertama tidak mempan, Anda dapat menggunakan cara-cara yang lain yang sudah Anda persiapkan. Sehingga, sesulit apapun permasalahan tersebut pasti akan mendapatkan jawaban yang terbaik.

3. Mampu menunjukkan perbedaan yang mencolok dengan ide orang lain

Pada dasarnya penelitian yang akan Anda lakukan adalah pengembangan dari penelitian-penelitian terdahulu, baik yang sudah Anda lakukan sendiri maupun dilakukan oleh orang lain.

Meskipun masih ada kemiripan dengan penelitian yang sudah-sudah, usahakan ide penelitian yang Anda rencanakan memiliki perbedaan yang signifikan dengan penelitian yang sudah ada.

PERTIMBANGAN MENETAPKAN IDE PROPOSAL

1. Isu Global

Permasalahan berskala Nasional atau malah Internasional dipandang lebih penting untuk mendapatkan solusi dari pada yang berskala lokal atau kedaerahan.

Isu global inilah yang sebenarnya dianggap penting karena menyangkut permasalahan banyak orang.

Tapi, isu global yang mendapatkan perhatian banyak dari reviewer adalah permasalahan yang masih ngehit, dan memang benar-benar masih menjadi perbincangan publik.

Jadi, pilihlah permasalahan yang menarik, aktual, hangat, relevan dan mendesak untuk dipecahkan. Relevan disini dimaksudkan sesuai dengan skim penelitian yang Anda ajukan.

2. Spesifik

Membahas hal-hal tertentu secara detail dan mendalam itu lebih disukai dari pada banyak tapi tidak jelas.

Caranya, berawal dari isu global itulah Anda brake down menjadi permasalahan yang lebih spesifik. Permasalahan yang spesifik itulah yang Anda perdalam menurut bidang keilmuwan Anda bersama tim.

3. Bermanfaat

Bagaimanapun juga hasil yang diharapkan dari sebuah penelitian adalah manfaatnya. Semakin banyak yang memanfaatkan hasil penelitian Anda, maka semakin baik kualitasnya.

Tentunya hasil penelitian yang dapat menyelesaikan permasalahan global adalah yang terbaik, karena hasil penelitian yang dinanti-nantikan oleh banyak orang.

4. Inovatif

Semua penelitian sekarang ini adalah hasil inovasi dari penelitian-penelitian terdahulu (sudah dilakukan oleh orang lain). Hal ini dapat dibuktikan dari setiap proposal penelitian wajib mencantumkan hasil penelitian orang lain yang relevan.

Berdasarkan hasil penelitian orang lain itulah Anda dapat melakukan inovasi. Mungkin Anda dapat mengganti variabel penelitian, metode yang digunakan, sudut pandang penyelesaian, atau inovasi-inovasi yang lain.

5. Sesuai Skim Penelitian

Dari buku panduan pengajuan proposal penelitian, Anda dapat mengetahui skim apa saja yang ditawarkan disana. Jangan sampai skim yang Anda ajukan tidak masuk dalam skim yang ditawarkan.

Kalau merujuk pada sasaran riset berskala Nasional, pemerintah sudah menetapkan Rencana Riset Nasional yang dapat Anda download di…

6. Dapat Dikerjakan

Proposal penelitian adalah rencana penelitian yang akan Anda kerjakan bersama dengan tim. Rencana penelitian ini dapat diartikan sebagai sebuah janji.

Ketika proposal Anda dinyatakan lolos, maka pemberi dana akan menagih hasil penelitian Anda seperti yang tercantum didalam proposal. Anda diperbolehkan menambah hasilnya namun tidak diperbolehkan untuk menguranginya.

Jadi, agar tidak menjadi buah simalakama, pikirkanlah terlebih dahulu secara masak-masak ketika membuat proposal. jangan sampai proposal Anda dinilai bagus oleh reviewer tapi Anda bersama tim sulit untuk pengambilan datanya.

7. Kemampuan Tim Peneliti

Dengan mengukur kemampuan diri sendiri dan tim peneliti maka rencana penelitian dapat Anda lakukan dengan baik dan lancar. Pilihkan tim peneliti dari latar belakang keilmuwan yang berbeda.

Dengan begitu, maka kualitas hasil penelitian Anda menjadi berkualitas karena semua tim peneliti memiliki sudah memiliki tugas dan kewajiban sendiri-sendiri menurut bidang keahliannya.

SUMBER IDE PROPOSAL

1. Naskah Publikasi

Sumber ide dalam membuat proposal penelitian yang utama adalah naskah publikasi yang di online kan.

Naskah dengan bobot skor mulai yang tertinggi adalah jurnal, baik jurnal Internasional maupun Nasional terakreditasi. Selanjutnya proceding hasil seminar baik Internasional maupun Nasional, Buku atau ebook, dan website.

Carilah naskah publikasi yang terkait dengan tema penelitian Anda sebanyak-banyaknya. Baca dan pahami isinya satu persatu dan bandingkan dengan naskah yang lain. Setelah itu, temukan peluang yang dapat Anda teliti.

2. Browsing Internet

Selain brainstorming dengan naskah-naskah publikasi, Anda dapat mencari informasi global terkait dengan tema penelitian Anda.

3. Seminar dan Workshop

Seminar dan workshop adalah cara yang efektif untuk mendapatkan ide proposal penelitian. Karena selain disediakan sesi tanya jawab, Anda dapat memanfaatkan berargumen dengan peneliti-peneliti yang lain.

4. Public Policy

Ide penelitian juga dapat Anda peroleh dengan mencermati dari pernyataan para pemegang kebijakan.

Biasanya kebijakan dari pemerintah daerah juga merujuk dari kebijakan Nasional. Artinya kebijakan daerah adalah brake down dari kebijakan pusat.

5. Observasi

Dengan mengamati langsung ada sumber permasalahan di lapangan, Anda akan mendapatkan informasi penting yang tidak Anda jumpai jika hanya duduk manis sambil browsing di internet.

6. Self Experience

Bagaimanapun juga benar kata pepatah, “Experience is the best teacher”. Dengan sering mencoba, Anda akan semakin mahir dalam membuat proposal penelitian yang baik.

Itulah 6 sumber ide menulis proposal yang dapat Anda jadikan batu loncatan untuk menemukan ide penelitian. Dari ide penelitian itulah dapat Anda kembangkan menjadi kerangkan proposal dan akhirnya Anda sempurnakan menjadi sebuah proposal penelitian yang utuh.

Semoga mendapat ide penelitian yang pas dengan disiplin keilmuwan Anda. Keep Inspiring*.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.